Tahukah Anda Mengapa Kaki-Kaki Mobil Sering Berbunyi Geluduk? Ini Penyebabnya!
Created by Sobat Akastra | 07 November 2023
Ketika Anda mengendarai mobil, Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana kaki-kaki mobil Anda mengeluarkan bunyi geluduk yang mengganggu. Bunyi tersebut bisa berasal dari berbagai komponen kaki-kaki mobil dan biasanya menjadi pertanda bahwa ada masalah yang perlu segera diatasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu kaki kaki mobil dan penyebab umum dari bunyi geluduk pada kaki-kaki mobil.
Apa yang dimaksud dengan kaki kaki mobil?
Kaki-kaki mobil, sering juga disebut sebagai suspensi mobil, merujuk pada sistem komponen yang menghubungkan roda mobil dengan kerangka atau rangkaian utama mobil. Kaki-kaki mobil bertanggung jawab untuk berbagai fungsi penting, termasuk menopang berat mobil, menyerap guncangan dan getaran dari jalan, serta memungkinkan roda bergerak dengan lancar dan mengikuti kontur jalan.
Apa aja penyebab bunyi gludug pada kaki kaki mobil?
Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kaki kaki mobil bunyi gluduk gluduk beserta solusinya yang perlu Anda ketahui. Berikut penyebab dan solusi selengkapnya
1. Karet pada busing arm sudah tipis
Setiap mobil pastinya mempunyai part anti getar yang terintegrasi dari mesin dan ban, salah satunya adalah BSA (Bushing Swing Arm). Biasanya produsen mobil menempatkan empat suku cadang BSA di bagian depan mobil dan empat suku cadang BSA di bagian belakang mobil. Komponen ini berbentuk seperti botol dan di dalamnya terdapat tabung besi berlapis karet.
Jika karet menjadi tipis karena pemakaian lama, akan terdengar suara rintihan di bawah mobil. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengganti komponen yang aus dengan yang baru.
2. Long tie rod aus
Penyebab yang kedua adalah long tie rod yang aus atau rusak. Tie rod panjang rusak karena usia atau kelalaian mengemudi di jalan rusak. Misalnya mengendarai mobil dengan kecepatan cukup tinggi di jalan bergelombang. Hal ini dapat menyebabkan komponen long tie rod bergesekan dan bertabrakan, sehingga mengurangi umur komponen.
Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu meningkatkan gaya mengemudi Anda.
Selalu gunakan kendaraan Anda dengan kecepatan sedang atau lambat saat melintasi jalan rusak.
Jika bagian long tie rod kendor akan menimbulkan bunyi berisik.
Anda dapat mengganti komponen yang aus dengan yang baru.
3. Bushing stabilizer aus.
Penyebab kebisingan di bawah sasis mobil yang ketiga adalah keausan bushing stabilizer. Jika komponen ini aus maka akan menjadi kendor. Hal ini terjadi karena isolator karet pada bushing stabilizer juga aus.
Seperti diketahui, fungsi karet adalah untuk meredam getaran yang dikeluarkan dari stabilizer link agar getaran tersebut tidak menular ke bagian bawah bodi mobil. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, cukup mudah yaitu dengan mengganti komponen yang sudah aus dengan yang baru.
Jangan lupa untuk memperhatikan bagian baut pengikat ketika proses pemasangan. Pastikan baut tersebut sudah terpasang dengan kencang sehingga bushing stabilizer tidak longgar.
4. Karet support shockbreaker sudah aus
Seperti yang Anda ketahui, fungsi dari karet jenis ini adalah untuk meredam getaran ban mobil agar getaran tersebut tidak diteruskan ke bodi saat berkendara di jalan rusak. Untuk mengatasi masalah ini, cukup sesuaikan kembali baut pemasangan agar kencang. Selain itu, sebaiknya Anda mengganti komponen jika kerusakannya sudah tidak tertahankan.
5. Pegas redaman mati.
Penyebab terakhir bunyi berderak di bawah sasis mobil adalah rusaknya peredam kejut. Kerusakan bemper dapat ditandai dengan kegagalan gaya pegas bemper untuk pulih dengan baik sehingga menyebabkan menjadi kaku.
Kondisi ini menimbulkan bunyi gerinda karena peredam kejut tidak dapat berosilasi dan meredam getaran roda mobil saat melintasi jalan rusak. Solusi dari keadaan ini adalah dengan mengganti shockbreaker yang rusak dengan yang baru.
Tambahkan Komentar
Baca Artikel Yang Lain:
Dapatkan Tips Menarik Lainnya Dari Akastra Toyota