tips-mudah-jaga-kondisi-mobil-selama-bulan-puasa-ramadhan

Tips mudah jaga kondisi mobil selama bulan puasa ramadhan

Created by Ghea Ananda | 2023-03-29


Mobil merupakan sarana mobilitas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga kondisiNYA agar tidak mengalami masalah dan memberikan rasa tenang saat berkendara di bulan puasa. Berikut beberapa tips menjaga kondisi mobil yang dikutip dari Autos.id , toyotaastra.co.id dan sumber lainnya.

1. Pastikan AC Dingin

Kegiatan di siang hari dapat menguras stamina, terlebih jika banyak waktu yang dihabiskan di jalan. Emosi mudah terpicu apabila suasana hati tidak tenang karena kondisi AC yang kurang dingin. Pastikan sistem pendingin kabin mobil dalam kondisi dingin dan sejuk untuk memberikan rasa nyaman, terutama ketika harus berhadapan dengan jalan macet.

2. Kondisi Mesin Harus Prima

Mesin mobil yang prima dapat memberikan ketenangan hati saat mengemudi. Terutama pada saat menjalankan ibadah puasa, kamu tidak ingin mobil mogok di bawah terik matahari. Pastikan oli mesin terisi sesuai takaran dan diganti sesuai jadwal servis berkala. Periksa suara mesin ketika mobil dihidupkan di pagi hari, terutama jika terdengar suara yang tidak biasa atau lampu indikator di panel instrumen menyala.

3. Cek Kondisi Ban

Jangan pernah bosan memeriksa kondisi ban mengingat tugasnya yang berat. Ban yang tidak dalam kondisi prima, seperti telapak ban sudah aus atau tekanan udaranya kurang, dapat menyulitkan di jalan. Bahkan jika dipaksakan sanggup memicu kecelakaan seperti mobil spin akibat aquaplaning.

5. Ganti Spare Parts yang Rusak

Jangan biarkan komponen mobil yang rusak tidak diganti. Selain akan menyulitkan jika semakin rusak, umumnya masalah akan menjalar ke onderdil lain yang masih sehat. Kamu tentu tidak mau biaya perbaikan justru melonjak akibat menunda mengganti spare parts yang sudah tidak laik pakai.

6. Jaga Kebugaran Mobil

Tidak hanya kamu yang wajib menjaga kebugaran tubuh di bulan puasa, mobil kesayangan juga wajib dijaga kebugarannya. Supaya mobil tidak dehidrasi, periksa cairan pendukung seperti air radiator, air wiper, minyak rem, dan cairan pendukung lainnya. Perhatikan kondisi cairan tersebut, segera ganti dengan cairan baru untuk menjaga kualitasnya.

7. Servis Berkala di Bengkel Resmi Toyota

Kalau kamu tidak mau repot memeriksa mobil sendiri, dapat menjalankan servis berkala di bengkel resmi Akastra Toyota. Teknisi bengkel resmi Akastra Toyota akan memeriksa seluruh komponen mobil dan memastikannya layak pakai untuk memberikan rasa tenang kepada pelanggan.